Senin, 05 Desember 2011

PERMAINAN BOLA BASKET

1. Pengertian dan Sejarah Permainan Bola Basket

a. Pengertian Permainan Bola Basket
Bola Basket adalah olahraga yang dimainkan oleh dua regu yang saling memasukkan bola ke kerangjang lawan dengan tangan. masing - masing regunya beranggotakan minimal 10 orang dan maksimal 12 orang yang terdiri dari 5 orang pemain utama (starter) dan 5-7 org cadangan (pengganti)

b. Sejarah Permainan Bola Basket
Menurut sejarahnya, permianan bola basket diciptakan oelh seorang instruktur dari pendidikan jasmani pada YMCA (Young Mens Christian Association), Springfield, Massachuses, Amerika Serikat tahun 1891
Tahun 1892, Prof. Naismith memperkenalkan permainan ini kepada masyarakat Amerika. Tahun 1892 untuk pertama kalinya dibuatkan peraturan baku permainan bola basket. Setahun kemudian, tepatnya tahun 1893 kata “Basket Ball†secara resmi diterima dalam perbendaharaan bahasa inggris.
Kejuaraan bola basket pertama kali dilaksanakan tahun 1913, saat itu regu Filipina berhasil mengalahkan regu Cina. Tahun 1932 pertama kalinya berlangsung Kongres Bola basket di Jenewa, Swiss. Tahun 1933 untuk pertama kali dilangsungkan Kejuaraan Dunia Bola basket Mahasiswa di Turin, Italia. Baru tahun 1936, bola basket dipertandingkan dalam Olimpiade, yang ketika itu berlangsung di Berlin.
Di Indonesia, permainan bola basket sudah ada sejak zaman revolusi, khususnya dikalangan masyarakat Yogyakarta.
Pada tanggal 23 Oktober 1951, terbentuklah PERBASI (Persatuan Basketball Seluruh Indonesia). Tahun 1955 dirubah menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia. Sejak itulah permainan bola basket di Indonesia terus berkembang hingga ke daerah-daerah.

2. Teknik-Teknik Permainan Bola Basket

Teknik dasar permainan bola basket antara lain: (1) Teknik melempar dan mengangkap bola, (2) Teknik menggiring bola, (3) Teknik menembak, (4) Teknik gerakan berporos, (5) Teknik Lay-Up shoot, dan (6) Teknik merayah/rebound.
a. Teknik Melempar dan Menangkap Bola
1) Cara Memegang Bola Basket
2) Teknik Mengoper Bola yaitu sebagai berikut :
a) Mengoper Bola dengan Dua Tangan dari Depan Dada (Chest Pass)
b) Operan dari Atas Kepala
c) Operan Pantulan
d) Operan Samping
e) Operan Lengkung Samping
3) Teknik Menangkap Bola
4) Teknik Menggiring Bola (Dribbling)
Bentuk-bentuk menggiring bola basket adalah sebagai berikut
a) Menggiring bola tinggi (untuk kecepatan)
b) Menggiring bola rendah ( untuk mengontrol atau menguasai, terutama dengan pemain lawan dalam menerobos pertahanan lawan)
c) Menggiring campuran menurut kebutuhan. Perubahan dari menggiring tinggi dan rendah atau sebaliknya sangat dibutuhkan untuk gerakan tiba-tiba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar